Palada Punya Cerita (Trip Bromo-Ranukumbolo)

Awalnya hanya sekedar wacana lalu menjadi nyata. Yapp, yang tadinya cuma obrolan ditongkrongan tiap malem minggu dan alhamdulilah kesampean. Rasanya tuh kaya…dapet doorprize kulkas 2 pintu ples bonus mobil, hahaah. Okeh ini lebbay! Ya gak gitu juga, seneng aja rasanya bisa sampai Semeru dan Bromo. Meskipun gak sampe puncak Mahameru, hihiiii.

Kalau dipostingan sebelumnya saya baru membahas tentang rencana dan cari barengan, nah sekarang saatnya cerita dari mulai persiapan, keseruan disana sampai kembali lagi ke Jakarta. Yuk yukk cekidoot..!!

Dari H-90 tiket kereta Jakarta-Malang PP sudah ditangan. Itinerary juga sudah dibuat. Fix peserta ada 6 orang. Ada saya, mery, irwan, maya, tya n toge. Kita masih punya waktu 3 bulan untuk perencanaan dan persiapan. Lama yaa…memang! Satu bulan pertama kita masih santai. Paling mikirin alat camping selama pendakian di semeru. Untuk panitia inti, saya biasa merundingkannya dengan mery dan irwan. Setiap keputusan yang diambil selalu dari hasil musyawarah dan mufakat. Gak pake berantem kaya para anggota dewan yang terhormat lho yaaa..heheee.
Oke, kembali ke alat camping. Awalnya kita bingung mau beli atau sewa. Akhirnya dari hasil browsing sana sini mery menemukan tempat alat sewa camping di Malang. Paass bangett!!. Dari pada beli, pasti biayanya lebih banyak. Bisa di cek diakun twitternya @ciliwungcamp. Disitu lengkap informasinya mulai dari contac person sampai alamatnya. Masnya kece lhoo…. *eh maap mulai gagal fokus, hihiii

Persiapan alat camping beres, lantas tinggal nyari jeep dan penginapan. Untuk penyewaan jeep agak mengecewakan menurutku, nanti disesi lain akan saya ceritakan. Lalu penginapan, nah kalau penginapan menurutku malah recomended. Ya gak sebagus ala hotel siihh…tapi bagi kami yg haus akan istirahat dan rindu kasur, nemu kamar yg berselimut tebal itu serasa oase dipadang pasir yg panas…hahahhh. Lebaay poool!
Sama seperti alat camping dan jeep, nemu homestay ini juga dari hasil browsing. Haduuhh saya ini kekinian sekali yaa, apa-apa nanya sama mbah gugel…heee. Berkat postingan di andikaawan.blogspot.com akhirnya memutuskan memilih Yog Homestay yang berlokasi di desa Cemoro Lawang ini. Pak Harto nama pemiliknya, orangnya baik dan ramah. Ini cpnya, 081234906286. Dengan harga 150k / kamar kami memesan 3 kamar untuk kami singgahi ber 6.

Yess, yang itu selesai lanjut ke persiapan selanjutnya. Ada yang tau?? Heee gak tau yah, ya udah jangan bete gitu ini juga mau dikasih tau.
Ini nih yang paling penting dari semua yang penting. Registrasi atau pendaftaran. Tidak seperti gunung-gunung lain, untuk mendaki ke Semeru harus daftar online terlebih dahulu. Dan jika kuota yang tersedia sudah habis, maka pupuslah sudah harapan berkunjung ke Semeru. Tapi alhamdulilah kami mendaftar di H-30, jadi masih tersedia tempat. Yeaay! Heii pak ketua Irwansyah, seharusnya ini tugasmu. Tapi ujung-ujungnya mery juga yang ngerjain, dan toge ditugasi transfer pembayarannya. Hih sini paketu jitak dulu, pake palu! Hahahh…

Next, persiapan apa lagi yaa…??
Bagian ini yang paling seru. Yapp, persiapan fisik. Masih tersisa waktu 1 bulan, harusnya sih cukup yaa..harusnya!!! Karena kita mau naik gunung, bukan jalan-jalan di mall, jadi kondisi badan juga sangat butuh perhatian. Supaya gak gampang capek dan kuat ketika di TKP. Dengan semangat ’45 saya dan mery memulai latihan. Taman waduk pluit jadi pilihan tempat latihan kami. Selain tempatnya nyaman, juga dekat dari rumah.
Joging, skiping, jalan cepat sampe push up dan sit up kami jabanin. Hari pertama amaan. Tapi efek gak pernah olah raga, badan sakit sampai 3 hari gak kunjung sembuh…hahahh cemen banget emang. Akhirnya dari rencana seminggu 3 kali malah jadi seminggu sekali. Hah dasar gak konsisten. Pikiran, ah masih lama juga, entar rajinnya kalau sudah H-2 minggu. Tapi tapi tappiii rencana tinggal rencana, nyatanya kita malah sibuk dengan kegiatan masing-masing. Iyaa kita (sok) sibuk, hahahh. Latihan juga bisanya malem tiap jam 7. Pengennya juga pagi, tapi kan gak bisa…heee.
Oiyaa, sekedar tips aja nih. Kalau latihan sebaiknya fokus. Jangan kaya kita, olah raga sama curhatnya banyakan curhat. Yang ada, keringet dikit, aus ma iya gegara kebanyakan ngobrol…wkwkwk.

H-seminggu rapat tiga serangkai getol digelar. Yaelaah bahasanya getol, hahah.
Ya meskipun lewat whatsapp, dan meetup sekali dengan anggota lainnya. Dan kita juga buat multichat diBBM ber 6. Dari diskusi serius sampai gombal-gombalan ala toge dan irwan yang bikin ngakak. Bahkan nama “Palada” tercipta dari obrolan dimultichat. Gak ada arti khusus, dan bersifat iseng aja. Tya yang pertama kali mencetuskannya. Akhirnya terpilih “Palada“, singkatan dari Pecinta Alam Dadakan. Apa banget deh namanya, keren kata kita doank…hahah.

Hari sudah makin deket, tapi perlengkapan masih belum lengkap. Haddeh emang nih pendaki amatiran, alat yang paling dasar aja belum punya. Kaya jaket tebel, tutup kepala, sarung tangan hingga kaos kaki. Galau antara pake sepatu atau cukup dengan sandal gunung. Endingnya sih pakai sandal gunung. Karena menurut informasi track disana masih tergolong mudah. (((KATANYA)))…Hahahh.
Alhamdulilah perlengkapan akhirnya komplit. Tinggal menghitung hari kalau kata mbak Krisdayanti, hihiii. Susah tidur, makan gak enak, sering ngelamun. Wait, ini mau liburan apa putus cinta sih??hahah…oke abaikan!
Yang pasti rasa deg-degan pasti ada, secara pengalaman pertama mendaki….heee.

Oiya ada yang lupa, untuk logistik camping kita belanja di Jakarta. Agak repot sebenernya, karna barang bawaan jadi lebih banyak. Sebenarnya bisa beli disana, tapi demi efisiensi waktu dan takut ada yang tertinggal. Jadi lebih ke jaga-jaga aja siih.
Yess, rasanya sudah komplit semua. Tinggal siapin mental dan banyak-banyak berdoa semoga dilancarkan perjalanan kami, amiiinn
Bersambung…. ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s